Batik Keraton Banten

Fashion
Kota Serang, Banten 42191, Indonesia
BANTEN

Batik Keraton Banten Motif Kekupon

Motif Kekupon atau biasa disebut Pilin Berganda atau Pilin Ganda yang berasal dari desain mimbar khutbah yang ada di Masjid Agung Kesultanan Banten Lama. Konon, ini mengadopsi ketika zaman Hindu, dimana simbolnya bermakna kemakmuran.

Batik Keraton Banten Motif Kekupon Debus Banten

Motif lain selain kekupon yang kami angkat adalah Debus Banten, motif debus terdiri atas rantai, kayu dan paku. filosofi dari motif ini, rantai bermakna pemersatu, kayu bermakna kekuatan, dan paku adalah perekat (silaturahmi)

Batik Keraton Banten Motif Memolo Tumpuk Menara Banten

Motif Memolo Menara Banten berasal dari puncak atap menara banten. Memolo memiliki filosofi simbol mahkota (kemuliaan). Motif memolo pada batik ini agar menjadi lebih menarik dikombinasikan dengan ditumpuk menjadi dua memolo.

Batik Keraton Banten Motif Memolo Mesjid Agung Banten Lama

Motif Memolo Mesjid Agung Banten. Motif ini diambil dari puncak atap Mesjid Agung Banten Lama. Dalam batik ini motif memolo mesjid agung banten lama dikombinasikan dengan motif memolo menara banten.

Batik Keraton Banten Motif Kekupon Debus Banten

Dalam Batik ini terdapat tiga motif yang dikombinasikan yaitu motif kekupon, motif debus banten dan motif memolo menara banten.

Batik Keraton Banten Motif Kekupon Sulur Daun

Dalam batik ini terdapat motif kekupon yang dikombinasikan dengan sulur daun

Batik Keraton Banten Motif Memolo Tumpuk Menara Banten

Dalam batik ini terdapat motif memolo tumpuk menara banten dikombinasikan dengan sulur daun

Batik Keraton Banten Motif Kekupon

Dalam batik ini terdapat motif kekupon yang dikombinasikan dengan memolo menara banten.

Batik Keraton Banten Motif Debus

Dalam batik ini terdapat motif debus banten yang dikombinasikan dengan motif memolo menara banten

Batik Keraton Banten Motif Kekupon Tumpuk Telu

Dalam motif ini terdapat motif kekupon yang ditumpuk menjadi tiga atau teluyang dikombinasikan dengan sulur daun

Batik Keraton Banten Motif Kekupon

Motif Kekupon atau biasa disebut Pilin Berganda atau Pilin Ganda yang berasal dari desain mimbar khutbah yang ada di Masjid Agung Kesultanan Banten Lama. Konon, ini mengadopsi ketika zaman Hindu, dimana simbolnya bermakna kemakmuran.

Nama Perusahaan

Batik Keraton Banten


Penjelasan

Batik Keraton Banten merupakan salah satu batik di Provinsi Banten yang memiliki ornamen yang khas dan kental akan budaya. Batik Keraton Banten memiliki motif yang menonjolkan eksotisme luhur pusat kejayaan pemerintahan islam Kesultanan Banten Lama. Ornamen dalam Batik Keraton Banten ini berasal dari Keraton, Kesultanan dan Mesjid Agung Banten. Banten Lama saat ini sudah semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah dan juga luar negeri yang ingin mengetahui sejarah dan wisata religinya. Disaat Banten lama semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan, cinderamata atau souvenir yang menjadi khas di Banten Lama nyaris tidak ada. Untuk mengangkat kembali ciri khas budaya luhur dan warisan kearifan lokal keraton maupun Kesultanan Banten lama, salah satu terobosan yang dilakukan yaitu menjadikan batik sebagai sumber pengetahuan baru akan sejarah yang ada di Banten Lama. Batik Keraton Banten diresmikan pada tanggal 4 Oktober 2012, yang diresmikan langsung oleh Gubernur Banten Hj Ratu Atut Chosiyah S.E dan Wakil Gubernur H Rano Karno S.I.P. Peresmian yang dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober ini juga memiliki arti dan maknanya tersendiri yaitu 4 Oktober merupakan hari jadi terbentuknya Provinsi Banten, Bersamaan dengan ini Batik Keraton Banten memiliki cita-cita dapat berkembang dan diterima tidak hanya oleh masyarakat lingkungan Keraton Banten tetapi oleh semua masyarakat khususnya di Provinsi Banten. Ciri khas yang membedakan Batik Keraton Banten dengan batik lainnya adalah motif khas yaitu Kekupon atau biasa disebut Pilin Berganda atau Pilin Ganda yang berasal dari desain mimbar khutbah yang ada di Masjid Agung Banten. Konon, ini mengadopsi ketika zaman Hindu, dimana simbolnya bermakna kemakmuran. Dimana motif kekupon ini hanya dimiliki oleh Batik Keraton Banten dan menjadi ikon motif dari Batik Keraton Banten. Selain motif Kekupon, ada juga motif memolo yaitu simbol mahkota yang mengandung filosofi kemuliaan dan motif debus yaitu terdiri atas rantai ,kayu dan paku yang mengandung filosofi rantai bermakna pemersatu, kayu bermakna kekuatan dan paku adalah perekat. Tiga motif itulah yang selalu ada dalam setiap batik yang diproduksi oleh Batik Keraton Banten.


Sub Sektor Usaha

Fashion


Diisi Oleh

Trialita Ismetullah

Peta Lokasi

Didirikan Pada Tanggal

04 October 2012


Pendiri

Drs Tubagus Ismetullah Alabbas


Jumlah Pegawai

Kurang Dari 20 Pegawai


Jenis Perusahaan

Lainnya


Sudah Memiliki HKI

Sudah


Sudah Mendapatkan Modal

Belum


Pendapatan Sebulan

Kurang Dari 50.000.000


Wilayah Pemasaran

Lokal Propinsi/ Kabupaten-Kota

Achievement

Belum ada achievement.

Reward

Belum ada reward.

Agenda yang diikuti

Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) 2018
20
May
Tertutup
Kuota: 0
 
Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) 2018
Jakarta

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Deputi Akses Permodalan memberikan Bantuan Pemerintah dalam bentuk penambahan modal kerja dan/atau investasi aktiva tetap. Tahun 2017 lalu, Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) disalurkan kepada 34 pelaku ekonomi kreatif (ekraf) berbadan usaha di 18 kota. Deputi Akses Permodalan Bekraf akan menyalurkan Bantuan Insentif Pemerintah tahun 2018 bagi pelaku ekraf subsektor kuliner, kriya, fashion, serta aplikasi digital dan pengembangan permainan. *kuota penerima Bantuan Insentif Pemerintah berdasarkan hasil seleksi administrasi dan substansi proposal penerima.

Detail Acara
PENDAFTARAN TERBUKA - ADIWASTRA NUSANTARA 2019
19
Feb
Tertutup
Kuota:
 
PENDAFTARAN TERBUKA - ADIWASTRA NUSANTARA 2019
Jakarta Convention Center

Badan Ekonomi Kreatif membuka peluang melalui pendaftaran terbuka untuk para pelaku kreatif yang inovatif di tanah air untuk dapat berpartisipasi dalam acara pameran kain nasional Adiwastra Nusantara 2019.

Pelaku yang terkurasi akan mendapatkan kesempatan untuk memasarkan, mempromosikan, dan mempublikasikan produknya di Adiwastra Nusantara 2019, JCC, Jakarta Pusat, pada tanggal 20-24 Maret 2019.

KRITERIA

1. Pelaku usaha/industri kreatif memiliki produk ekonomi kreatif yang merupakan hasil dari original desain manufaktur dan termasuk dalam subsektor fesyen, kriya, dan desain produk

2. Pelaku atau pemilik usaha adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

3. Produk ekonomi kreatif siap dipasarkan secara luas baik dalam negeri maupun luar negeri dalam skala B2C maupun B2B

4. Produk diproduksi di dalam negeri.

5. Mengunggah foto produk terbaik untuk produk yang akan dipamerkan di Adiwastra Nusantara 2019

6. Bersedia untuk hadir di Jakarta baik dalam koordinasi, persiapan maupun pelaksanaan Adiwastra Nusantara 2019.


KETENTUAN DAN LANGKAH PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran akan ditutup 19 Februari 2019 pukul 24.00 WIB
  2. Pelaku kreatif terlebih dahulu mendaftarkan diri ke https://bisma.bekraf.go.id/new-register untuk mencatatkan produk kreatifnya dalam database usaha kreatif BEKRAF agar memperoleh ID BISMA. Jika Anda sudah memiliki ID BISMA, Anda dapat langsung mendaftarkan diri di Agenda Kreatif PENDAFTARAN TERBUKA - ADIWASTRA NUSANTARA 2019 - DAFTAR AGENDA di https://bisma.bekraf.go.id/agenda-kreatif/pendaftaran-terbuka-adiwastra-nusantara-2019.
  3. Setelah itu, isi formulir dan upload foto produk terbaik Anda pada tautan : https://bit.ly/adiwastra2019
  4. Setiap produk yang masuk akan dikurasi oleh tim kurator yang ditunjuk oleh BEKRAF.

Detail Acara
PENDAFTARAN TERBUKA INACRAFT 2019
24
Apr
Tertutup
Kuota:
 
PENDAFTARAN TERBUKA INACRAFT 2019
Jakarta Convention Center, Senayan

Badan Ekonomi Kreatif membuka peluang melalui pendaftaran terbuka untuk para pelaku kreatif yang inovatif di tanah air untuk dapat berpartisipasi dalam acara pameran kain nasional INACRAFT 2019.


Pelaku yang terkurasi akan mendapatkan kesempatan untuk memasarkan, mempromosikan, dan mempublikasikan produknya di INACRAFT 2019, Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, pada tanggal 24 - 28 April 2019.


KRITERIA


1. Pelaku usaha/industri kreatif memiliki produk ekonomi kreatif yang merupakan hasil dari original desain manufaktur dan termasuk dalam subsektor kriya, desain produk, dan fesyen.


2. Pelaku atau pemilik usaha adalah Warga Negara Indonesia (WNI).


3. Produk ekonomi kreatif siap dipasarkan secara luas baik dalam negeri maupun luar negeri dalam skala B2C maupun B2B.


4. Produk diproduksi di dalam negeri.


5. Mengunggah foto produk terbaik untuk produk yang akan dipamerkan di INACRAFT 2019.


6. Bersedia untuk hadir di Jakarta baik dalam koordinasi, persiapan maupun pelaksanaan INACRAFT 2019.



KETENTUAN DAN LANGKAH PENDAFTARAN


Pendaftaran akan ditutup 24 Maret 2019 pukul 24.00 WIB

Pelaku kreatif terlebih dahulu mendaftarkan diri ke https://bisma.bekraf.go.id/new-register untuk mencatatkan produk kreatifnya dalam database usaha kreatif BEKRAF agar memperoleh ID BISMA.

JikaAnda sudah memiliki ID BISMA, Anda dapat langsung mendaftarkan diri di Agenda Kreatif PENDAFTARAN TERBUKA - INACRAFT 2019 - DAFTAR AGENDA di https://bisma.bekraf.go.id/agenda-kreatif/pendaftaran-terbuka-inacraft-2019.


Setelah itu, isi formulir dan upload foto produk terbaik Anda pada tautan : http://bit.ly/inacraft2019


Setiap produk yang masuk akan dikurasi oleh tim kurator yang ditunjuk oleh BEKRAF.

Detail Acara

Alamat

Propinsi : BANTEN

Kabupaten Kota : KOTA SERANG

Alamat Detail : Kota Serang, Banten 42191, Indonesia

Halaman Web Perusahaan

-


Email Perusahaan

batikkeratonbanten1@gmail.com


No Contact Perusahaan

-


URL Facebook Perusahaan

-


URL Twitter Perusahaan

-


URL linkedin Perusahaan

-


URL Instagram Perusahaan

batikkeratonbanten