Meningkatnya penetrasi pemanfaatan gawai oleh masyarakat tak lepas dari peran aplikasi yang tertanam di dalamnya. Masyarakat sudah fasih menggunakan berbagai jenis aplikasi digital seperti peta atau navigasi, media sosial, berita, bisnis, musik, penerjemah, permainan dan lain sebagainya. Berbagai aplikasi tersebut didesain supaya mempermudah pengguna dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Maka tak heran jika potensi subsektor aplikasi dan pengembang permainan sangat besar.

Di lain pihak, subsektor ini masih menghadapi berbagai tantangan. Beberapa di antaranya adalah keterbatasan sumber daya manusia (SDM) baik secara kuantitas atau kualitas, sedikitnya minat investor pada industri ini, dan belum adanya kebijakan proteksi yang memihak pada kepentingan developer domestik. Situasi inilah yang menyebabkan ekosistem subsektor ini belum terbangun secara maksimal.

Melalui peran setiap deputi, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengelola subsektor aplikasi dan pengembang permainan lebih serius. Bekraf bisa melakukan beberapa hal, yaitu menginisiasi munculnya lebih banyak inkubator pengembang aplikasi dan permainan, memasukkan unsur-unsur aplikasi dan permainan ke dalam dunia pendidikan, memproteksi para pengembang lokal, dan membantu mereka dalam mempromosikan karya-karyanya.

Hightlight Pelaku Kreatif Kriya
Kriya
Rina nur mela sari
JAWA BARAT
45
Mengikuti
Agenda
Kriya
Ani uslifah
JAWA TIMUR
17
Mengikuti
Agenda
Kriya
Ani uslifah
JAWA TIMUR
17
Mengikuti
Agenda
Kriya
Heri Purnomo
JAWA TIMUR
11
Mengikuti
Agenda
Hightlight Produk Kreatif Kriya
KALIMANTAN BARAT
srimiwarti
KALIMANTAN BARAT
Lastri
KALIMANTAN BARAT
Lastri
KALIMANTAN BARAT
Yuli'S Abbas
Pencarian Produk Kreatif Kriya
Produk Kreatif dari Seluruh Pelaku di Platform BISMA
DI YOGYAKARTA
wahyu widayati
JAWA BARAT
Fitri Widiyanti
JAWA BARAT
Fitri Widiyanti
JAWA TENGAH
Astrid Iswahyudi
JAWA TENGAH
Astrid Iswahyudi
JAWA TENGAH
Astrid Iswahyudi
DI YOGYAKARTA
Yusuf Nurrifai
DI YOGYAKARTA
Yusuf Nurrifai
JAWA TIMUR
Lilik choirumningsih
JAWA TENGAH
Arundin Arnendya Pramana