Meningkatnya penetrasi pemanfaatan gawai oleh masyarakat tak lepas dari peran aplikasi yang tertanam di dalamnya. Masyarakat sudah fasih menggunakan berbagai jenis aplikasi digital seperti peta atau navigasi, media sosial, berita, bisnis, musik, penerjemah, permainan dan lain sebagainya. Berbagai aplikasi tersebut didesain supaya mempermudah pengguna dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Maka tak heran jika potensi subsektor aplikasi dan pengembang permainan sangat besar.

Di lain pihak, subsektor ini masih menghadapi berbagai tantangan. Beberapa di antaranya adalah keterbatasan sumber daya manusia (SDM) baik secara kuantitas atau kualitas, sedikitnya minat investor pada industri ini, dan belum adanya kebijakan proteksi yang memihak pada kepentingan developer domestik. Situasi inilah yang menyebabkan ekosistem subsektor ini belum terbangun secara maksimal.

Melalui peran setiap deputi, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengelola subsektor aplikasi dan pengembang permainan lebih serius. Bekraf bisa melakukan beberapa hal, yaitu menginisiasi munculnya lebih banyak inkubator pengembang aplikasi dan permainan, memasukkan unsur-unsur aplikasi dan permainan ke dalam dunia pendidikan, memproteksi para pengembang lokal, dan membantu mereka dalam mempromosikan karya-karyanya.

Hightlight Pelaku Kreatif Kuliner
Kuliner
Radinal Saleh
SULAWESI SELATAN
0
Mengikuti
Agenda
Kuliner
FAYAKUN
JAWA TIMUR
18
Mengikuti
Agenda
Kuliner
Citta prastyani putri
JAWA TENGAH
8
Mengikuti
Agenda
Kuliner
Briliana Marlita Pahlevi
JAWA TIMUR
8
Mengikuti
Agenda
Hightlight Produk Kreatif Kuliner
JAWA BARAT
Hanhan Kurniawan
Pencarian Produk Kreatif Kuliner
Produk Kreatif dari Seluruh Pelaku di Platform BISMA
DKI JAKARTA
Mazidah awaliyah
DKI JAKARTA
Mazidah awaliyah
ACEH
Zikrillah
DKI JAKARTA
andy
NUSA TENGGARA BARAT
RIPAI
NUSA TENGGARA BARAT
RIPAI
JAWA BARAT
Rizqa fitriati
JAWA BARAT
M Sauki
JAWA BARAT
M Sauki
JAWA BARAT
aldy giovany muslim
JAWA BARAT
aldy giovany muslim
JAWA BARAT
aldy giovany muslim